Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti | easyproperty.co.id – Inilah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap tenaga marketing,penguasaan terhadap product knowledge. Dengan penguasaan product knowledge yang baik maka tenaga marketing akan sanggup bicara dan mempromosikan produk dengan lancar dan percaya diri. Oleh karena itu tenaga marketing harus dilatih terus menerus agar menguasai product knowledge.

Product Knowledge tentang Arsitektur (Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti)

Salah satu product knowledge yang harus dikuasai adalah tentang arsitektur. Marketing harus pintar dan lancar mendeskripsikan tema arsitektur yang diusung oleh produk.

Apakah minimalis, moderen, countrygothic, tropis, mediterania, klasik, arsitektur Islam dan lain-lain.

Tidak hanya itu, marketing harus cakap menyampaikan keunggulan tema arsitektur yang dipilih. Akan lebih baik lagi jika tenaga marketing menguasai sejarah tentang tema arsitektur untuk dipresentasikan kepada calon konsumen. Makin keren!

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Product Knowledge tentang Pekerjaan Sipil/Konstruksi (Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti)

Product knowledge selanjutnya yang harus dikuasai adalah tentang konstruksi dan bidang pekerjaan teknik sipil secara umum, seperti struktur yang digunakan, kekuatan struktur, metode pelaksanaan struktur, pondasi yang digunakan dan lain-lain.

Tentu saja marketing juga harus mampu menyampaikan keunggulan metode konstruksi yang digunakan.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Product Knowledge tentang Mekanikal dan Elektrikal (Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti)

Selanjutnya, tenaga marketing juga harus menguasai hal-hal tentang mekanikal dan elektrikal seperti instalasi listrik dan materialnya atau merek yang digunakan.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Product Knowledge tentang Keunggulan Kompetitif (Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti)

Ujung-ujungnya keterampilan tenaga marketing harus sanggup menyampaikan keunggulan kompetitif produknya.

Inilah yang paling penting dikuasai karena konsumen tentu akan tertarik membeli jika produk anda ada kelebihan dibanding produk sejenis.

Keunggulan kompetitif terutama tentang lokasi, tema arsitektur, cara bayar, harga, kualitas bangunan dan lain-lain.

Berikut contoh penyampaian keunggulan kompetitif yang bisa anda aplikasikan. Ambil kondisi yang sesuai dengan kondisi riil proyek anda:

  • Lokasi Strategis

Lokasi strategis disampaikan untuk menggambarkan bahwa di sekitar perumahan tersedia fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk menunjang aktifitas sehari-hari, seperti sekolah internasional, sekolah unggulan, pasar modern, pasar tradisional, mal, perkantoran atau pusat pemerintahan.

Sampaikan bahwa jarak perumahan ke lokasi-lokasi tersebut sangat dekat.

Seperti, hanya 4 menit ke sekolah internasional, 3 menit ke pasar induk, 6 menit ke mall, 5 menit ke pintu tol dan lain-lain.

Intinya sampaikan bahwa perumahan anda sangat dekat dengan lokasi-lokasi tersebut. Walaupun kenyataannya memerlukan kondisi khusus supaya situasi yang diklaim bisa terpenuhi.

Contohnya, 4 menit ke sekolah internasional bisa dipenuhi apabila perjalanan dilakukan saat jalanan sepi.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Berada di Lokasi yang Sedang Berkembang

Akan berkembangnya suatu daerah bisa dilihat dalam rencana tata ruang wilayah. Faktor pemicu utamanya adalah pembangunan akses jalan yang memadai, akan dibangunnya daerah industri, akan dibangun bandara atau pelabuhan, dan fasilitas lainnya.

Hal ini harus disampaikan kepada konsumen bahwa sekitar lokasi perumahan Anda akan berkembang sangat pesat di masa yang akan datang.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

 

  • Akses ke Lokasi Sangat Mudah

Kemudahan akses sangat menentukan minat beli, terutama perumahan yang berada di lokasi pinggir kota yang ceruknya menyasar masyarakat yang beraktifitas di kota.

Selling point yang sangat menentukan adalah berada di dekat pintu tol atau jalan protokol, jalan antar kota, dan lain-lain.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Tema Arsitektur Sesuai Tren Masa Kini

Wajib hukumnya bagi developer menyediakan produk dengan desain yang sesuai dengan tren yang sedang digandrungi.

Misalnya saat ini tren desain didominasi oleh gaya rumah minimalis, maka anda harus menyediakan perumahan dengan desain minimalis.

Jangan membangun rumah dengan gaya klasik atau mediterania, itu bunuh diri namanya!. Tetapi jangan lupa berikan keistimewaan sehingga produk anda berbeda dengan produk sejenis di lokasi yang berdekatan.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Spesifikasi Material Berkualitas Premium

Apapun tema desain yang anda terapkan, tidak akan menarik jika dibangun dengan material yang tidak berkualitas.

Jika anda mendesain dengan spesifikasi material yang sangat bagus, maka sebutkan merek material sekalian. Dengan syarat material tersebut betul-betul dikenal sebagai merek kelas atas, seperti penggunaan produk impor merek Roman, Essence, Toto, American Standard, dan lain-lain.

Jika menggunakan barang murah yang diimpor dari Cina cukup sampaikan bahwa material yang digunakan adalah material impor.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Perumahan Dengan Konsep Cluster

Perumahan dengan konsep cluster (one gate system) – satu gerbang untuk masuk dan keluar – bisa menjadi selling point yang mempengaruhi minat beli konsumen jika dibandingkan dengan perumahan dengan sistem terbuka.

Masyarakat tentu sangat merindukan ketenangan dan kenyamanan apabila berada di rumah.

Di tempat kerja sehari-hari dan dalam perjalanan mungkin saja mereka sudah berada dalam kondisi ramai dan sesak sehingga mereka betul-betul menginginkan suasana yang mendukung untuk beristirahat di rumah. Dan perumahan dengan sistem cluster merupakan salah satu jawabannya.

Selain itu perumahan dengan sistem cluster masih dianggap sebagai perumahan yang eksklusif.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Kondisi lingkungan yang aman

Sampaikan bahwa di sekitar lokasi perumahan anda selama ini tidak ada terjadi kejahatan dalam bentuk apapun, sehingga pesan ini ditangkap oleh prospek bahwa lokasi anda aman untuk dijadikan tempat tinggal.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Harga kompetitif

Bagaimanapun juga harga produk tetap menjadi salah satu pertimbangan utama prospek dalam membeli rumah. Anda harus pintar-pintar dalam menetapkan harga untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti
Scale model homes on grass
  • Cara Bayar yang Mudah

Selain harga, yang menentukan minat beli prospek terhadap perumahan adalah cara bayar yang kompromistis dengan kondisi prospek.

Umumnya prospek lebih senang dengan cara bayar yang mudah dan fleksibel. Seperti uang muka yang kecil, DP bisa diangsur sekian kali, apabila pembelian dengan tunai bertahap akan diberikan lebih banyak potongan harga, atau pembayaran dengan hard cash diberikan harga khusus.

Semuanya dikemas dengan formula yang fleksibel sehingga bisa mengakomodir bagaimanapun kondisi konsumen.Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Legalitasnya Lengkap

Kemanan tentang legalitas sangat mempengaruhi keputusan prospek untuk membeli. Legalitas mencakup sertifikasi dan perijinan atau Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kondisi yang sempurna adalah sertifikat sudah pecah per-kavling, kalau bisa sudah dalam bentuk Sertifikat Hak Milik (SHM), IMB juga sudah per-kavling.

Jika kondisi ini terpenuhi maka prospek memahami bahwa legalitas perumahan sudah aman.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

  • Investasi menguntungkan

Sampaikan bahwa kenaikan harga sekitar 10 sampai 20 persen pertahun.

Kenaikan dengan nilai seperti ini mudah untuk dipenuhi oleh produk perumahan. Karena itulah nilai kenaikan rata-rata properti pertahun.

Bahkan untuk kondisi tertentu kenaikan harga properti bisa melebihi angka tersebut. Apalagi kalau mereka membeli dengan potongan harga atau membeli pada saat launching dengan harga khusus.

Trik-trik ini tidak baku untuk anda lakukan, bisa anda modifikasi dan tambahkan sesuai dengan kondisi lokasi dan kebutuhan.

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Kami dari Easy Property menyediakan sistem untuk membantu developer & agen-agennya  dengan banyak fitur sistem seperti: akses ke Availability Unit, penagihan dengan email blast dan sms blast kepada konsumen secara otomatis, data penjualan masing-masing marketing, dan perhitungan komisi marketing yang belum terbayarkan.

Kami juga menyediakan Marketing tools berupa Mobile Apps yang juga bisa diakses melalui website sehingga membantu marketing untuk mendapatkan informasi lebih cepat, akurat dan membantu penjualan properti anda.

Sumber: http://asriman.com/pentingnya-menguasai-product-knowledge-bagi-tenaga-marketing/

Pentingnya Product Knowledge Bagi Marketing Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *