Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project | easyproperty – Pada sebuah proyek properti ada beberapa tipe pembayaran yang bisa diterapkan untuk membayar kontraktor. Sistem yang paling umum digunakan adalah sistem pembayaran termin. Sistem termin ini merupakan sistem yang paling adil karena pembayaran berbanding lurus dengan prestasi kerja kontraktor.

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

Sistem ini mengharuskan developer memiliki modal awal untuk membayar kontraktor sesuai terms yang disepakati. Bagaimana kalau developer tidak memiliki modal awal untuk memulai proyek?

Jika kondisinya demikian maka sistem pembayaran yang bisa diterapkan adalah sistem turn-key project. Nah, apakah turn-key itu?

 

Pengertian Turn-Key Project

Secara sederhana dapat dipahami bahwa sistem turn-key project adalah pembayaran oleh developer atau pemilik proyek terhadap kontraktor sebagai pelaksana pada saat pekerjaan telah selesai seluruhnya atau pada saat proyek serah terima dari pelaksana ke pemilik.

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

Jadi dengan sistem turn-key ini developer tidak memerlukan modal untuk membangun (sesuai isi kontrak) karena pembangunan dan pembiayaan proyek sepenuhnya menjadi tanggung jawab kontraktor. Modal kontraktor bisa dalam bentuk pembelian material, biaya tukang, membayar sub-contractor (jika ada).

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

Apabila turn-key project ini diaplikasikan untuk proyek-proyek properti seperti perumahan, apartemen dan jenis proyek lain yang akan dijual kepada end-user maka developer tidak memerlukan uang sama sekali untuk memulai pembangunan fisik proyek, karena jenis apapun pekerjaan fisik bisa dikerjakan dengan sistem turn-key.

 

Cara Agar Kontraktor Mau Mengerjakan Proyek Dengan Sistem Turn-Key

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

 

Banyak developer yang mencari kontraktor yang bersedia mengerjakan proyek dengan sistem pembayaran turn-key terutama developer pemula yang tidak punya modal yang cukup untuk membayar kontraktor dengan sistem termin.

Sejalan dengan itu sebenarnya banyak juga kontraktor yang bersedia mengerjakan proyek dengan sistem turn-key ini, kuncinya adalah tawarkan sesuatu yang tidak bisa mereka tolak.

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

  • Menawarkan Sesuatu yang Menarik seperti Membayar Kontraktor (Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project)

Anda harus menawarkan sesuatu yang sangat menarik bagi mereka. Misalnya jika dengan sistem termin anda membayar kontraktor seharga x rupiah, maka dengan sistem turn-key project ini penawaran harga seyogianya lebih besar dari x rupiah.

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

  • Tidak ada Aturan Baku yang Mengatur (Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project)

Anda juga bisa cari formula lain yang tepat sehingga kontraktor tertarik dan tidak bisa menolak. Tidak ada aturan baku yang mengatur tentang ini, tergantung dari kesepakatan para pihak saja.

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

  • Developer yang Sudah Punya Nama (Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project)

Akan lebih mudah mencari kontraktor dengan turn-key ini jika si pemberi kerja adalah developer yang sudah terkenal dan bagus integritasnya dimana tidak ada kekhawatiran dari kontraktor mengenai kesanggupan bayar dari pemberi kerja.  Ini sebenarnya yang menjadi kekhawatiran kontraktor, keamanan dan keterjaminan dalam pembayaran!

Jika kondisinya adalah anda harus menaikkan harga untuk mendapatkan kontraktor dengan sistem pembayaran turn-key maka resikonya tentu saja keuntungan anda sebagai developer berkurang.

Membayar Kontraktor Dengan Turn-Key Project

Resiko itu wajar karena anda tidak perlu uang untuk membangun. Jika dihitung menurut nominal memang laba anda sebagai developer tergerus, tetapi secara persentase keuntungan anda bisa lebih besar. Silakan dihitung sendiri.

Bisa dibayangkan jika kontraktor yang akan membangun proyek tersebut setuju dengan pembayaran turn-key maka developer tidak perlu uang sendiri untuk membayar kontraktor pada saat proyek selesai. Karena pembayaran sudah diterima dari konsumen.

 

Sumber: http://asriman.com/begini-cara-mencari-kontraktor-dengan-turnkey-project/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *