Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti

Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti

Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti | easyproperty.co.id – Ada empat faktor kunci yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran suatu proyek properti, dimana faktor-faktor tersebut saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Mari kita bahas satu-persatu.

  • Lokasi (Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti)

Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti

Lokasi selalu memainkan peran penting dalam menentukan kesuksesan suatu proyek properti. Lokasi yang paling bagus adalah lokasi dengan permintaan yang tinggi terhadap suatu produk tetapi dengan supply yang terbatas.. kondisinya demand lebih tinggi dari supply.

Jika anda jeli melihat peluang dan perkembangan arah pembangunan maka anda akan tahu lokasi yang akan berkembang di masa datang, dimana lokasi yang akan berkembang ditandai dengan akan adanya pembangunan beberapa fasilitas publik di lokasi.

Fasilitas publik yang akan memicu pertumbuhan suatu lokasi adalah pembangunan jalan protokol atau jalan tol, pembangunan transportasi publik dan pembangunan komplek kantor pemerintahan daerah dan pembangunan yang bersifat massal lainnya.

Penting bagi anda sebagai developer mengetahui rencana pembangunan suatu daerah, bisa dilihat di dinas tata kota, tata ruang, atau BAPPEDA.

  • Produk (Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti)

Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti

Selain lokasi, hal lain yang menentukan kesuksesan penjualan sebuah proyek properti adalah produknya sendiri. Produk yang dipasarkan harus berkualitas dilihat dari sisi mutu bangunannya maupun desain yang sesuai dengan selera konsumen.

Produk yang dipasarkan harus produk yang sudah melalui serangkaian riset tentang kebutuhan dan daya beli konsumen di lokasi yang bersangkutan. Hal ini terkait dengan segmentasi pasar yang dibidik.

Target market yang dibidik harus jelas, dan harus dihitung juga market share yang bisa diperoleh. Setelah itu barulah kita menghitung kemampuan serap pasar terhadap perumahan yang akan kita bangun.

  • Harga (Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti)

Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti

Harga tetap memainkan peranan penting dalam kesuksesan pemasaran suatu properti. Harga sangat bergantung kepada lokasi dan segmentasi pasar yang dibidik.

Jika produk diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah, biasanya mereka sangat sensitif terhadap harga.

Mereka tidak terlalu memperhitungkan mutu produk karena mereka sadar bahwa dengan harga yang murah maka produk yang mereka dapatkan tentu sesuai dengan harganya. Concern mereka hanya satu, yaitu bagaimana caranya mereka bisa punya rumah.

Jika produk diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas, biasanya mereka lebih mementingkan kepuasan dibanding harga. Mereka rela membayar lebih asalkan mendapatkan produk sesuai dengan keinginan. Sisi emosional dan gengsi mereka lebih dominan.

Faktor lain yang bisa dimainkan adalah cara bayar. Semakin fleskibel cara bayar yang diterapkan maka semakin mudah bagi konsumen mengatur keuangannya dalam membeli.

  • Promosi (Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti)

Faktor Kunci Penentu Kesuksesan Penjualan Properti

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berpromosi, tapi satu hal yang pasti adalah kegiatan pemasaran selalu membutuhkan biaya. Semakin tinggi segmentasi pasar yang dibidik akan berbanding lurus dengan kebutuhan biaya promosi yang dibutuhkan.

Jika anda akan membidik kalangan menengah ke atas, penting bagi anda untuk membuat pola marketing yang lebih elegan yang tentu saja dengan biaya lebih mahal.

Berpromosi juga tidak akan terlepas dari kreatifitas tenaga pemasar. Kreatifitas tidak melulu tentang biaya yang besar, bisa jadi dengan hanya melihat keunggulan kompetitif dari lokasi atau produk dibandingkan dengan produk sejenis maka bisa diciptakan tagline promosi yang bisa diterima pasar, seperti “Hanya 3.4 KM dari Kelapa Gading!”.

Kami dari Easy Property menyediakan sistem untuk membantu developer & agen-agennya  dengan banyak fitur sistem seperti: akses ke Availability Unit, penagihan dengan email blast dan sms blast kepada konsumen secara otomatis, data penjualan masing-masing marketing, dan perhitungan komisi marketing yang belum terbayarkan.

Kami juga menyediakan Marketing tools berupa Mobile Apps yang juga bisa diakses melalui website sehingga membantu marketing untuk mendapatkan informasi lebih cepat, akurat dan membantu penjualan propertinya.

 

Sumber : http://asriman.com/faktor-faktor-yang-menjamin-kesuksesan-pemasaran-proyek-properti/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *