Cek Kondisi Keuangan Anda Sebelum Membeli Rumah

Cek Kondisi Keuangan Anda Sebelum Membeli Rumah

Cek Kondisi Keuangan Anda Sebelum Membeli Rumah | easyproperty.co.id – Bagi anda yang termasuk generasi milenial, yang saat ini masih tinggal di rumah orang tua atau di rumah kontrakan, mungkin sering bertanya-tanya kapan kira-kira waktu yang tepat untuk membeli rumah?

Tahukah anda? Jika semakin cepat anda memutuskan untuk membelinya maka nilai investasi yang dijanjikan di masa depan juga akan semakin besar. Selain itu, tentu anda akan merasa lebih nyaman dan bebas tinggal di rumah sendiri.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli rumah, anda harus mengecek kondisi keuangan saat ini. Anda bisa memulainya dari hal-hal berikut ini.

  • Punya pendapatan yang bisa diandalkan

Ketika memutuskan untuk membeli rumah dengan mencicil, tentu anda harus yakin benar-benar bisa membayarnya. Jika tinggal sendiri, anda harus sudah menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat bekerja.

Atau apabila tinggal bersama pasangan maka salah satu dari anda sudah yakin dengan posisi dan masa depan perusahaan tempat bekerja.

  • Tidak punya beban pengeluaran yang besar

Membeli rumah merupakan keputusan yang besar dalam hidup dan juga akan mempengaruhi  keadaan finansial anda. Agar kondisi keuangan tetap stabil, pastikan saat membeli rumah anda tidak sedang memiliki beban pengeluaran besar lain seperti menyicil mobil atau tanah.

  • Tidak sedang terbelit masalah hutang

Agar proses pembelian rumah menjadi lebih mudah terutama jika anda berencana untuk mencicilnya, periksa kembali kondisi keuangan di bank atau lembaga keuangan lain apakah baik dan tidak sedang menunggak hutang. Hal ini agar bank atau lembaga keuangan bisa lebih cepat menyetujui permohonan pinjaman tersebut.

  • Memiliki dana darurat yang cukup

Ketika memiliki rumah akan ada beberapa pengeluaran di masa mendatang yang mungkin sebelumnya tidak diperhitungkan, oleh karena itu penting untuk memiliki dana darurat yang cukup untuk mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran tersebut. Besar dana darurat yang harus dipersiapkan berkisar antara 4 hingga 12 bulan nilai pengeluaran.

  • Mampu membayar 5-10% dari total harga rumah

Dalam membeli rumah, biasanya dibutuhkan 3-20% untuk membayar uang muka. Hal ini juga sebagai penentu utama apakah anda mampu membeli rumah atau tidak. Lebih baik menunggu hingga bisa membayar setidaknya 5% namun tetap disarankan 10–20% dari total harga dengan uang tunai.

  • Bisa dan mau mengurus rumah sendiri

Berdasarkan beberapa pengalaman dalam satu tahun pertama ada saja pengeluaran untuk membetulkan beberapa hal yang rusak/membeli peralatan baru untuk rumah. Selain itu, anda juga harus siap jika suatu saat nanti rumah membutuhkan beberapa renovasi.

Kami dari Easy Property menyediakan sistem untuk membantu developer & agen-agennya  dengan banyak fitur sistem seperti: akses ke Availability Unit, penagihan dengan email blast dan sms blast kepada konsumen secara otomatis, data penjualan masing-masing marketing, dan perhitungan komisi marketing yang belum terbayarkan.

Kami juga menyediakan Marketing tools berupa Mobile Apps yang juga bisa diakses melalui website sehingga membantu marketing untuk mendapatkan informasi lebih cepat, akurat dan membantu penjualan properti anda.

Sumber: https://www.rumah.com/berita-properti/2017/11/165560/sudah-siap-beli-rumah-cek-dulu-kondisi-keuangan-anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *