Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Proyek Properti
Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Proyek Properti | easyproperty.co.id – Studi mengenai aspek pasar bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan dan menempatkan produk yang akan dipasarkan pada posisi yang menguntungkan karena permintan pasar terhadap produk merupakan dasar untuk menyediakan produk.
Aspek pasar yang dianalisa meliputi permintaan pasar terhadap produk yang akan disediakan, analisa tingkat persaingan, dan strategi pesaing dalam memasarkan produknya sehingga bisa dirancang produk dan metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.
Dan hal yang tak kalah pentingnya adalah analisa mengenai pangsa pasar yang akan diperoleh dengan mempertimbangkan tingkat permintaan, penawaran dan program pemasaran yang akan diterapkan.
Untuk melakukan penelitian mengenai aspek pasar perlu dilakukan studi secara informal dan formal. Penelitian secara informal bisa dilakukan dengan melakukan tes pasar di rencana lokasi proyek.
Tes pasar dilakukan dengan menyebar brosur atau membuat spanduk yang mengiklankan produk anda. Dari spanduk dan brosur yang disebar dapat diketahui respon pasar terhadap produk yang akan ditawarkan.
- Analisa Permintaan Pasar Terhadap Perumahan di Lokasi yang Akan Dibangun Proyek (Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Proyek Properti)
Besarnya permintaan perumahan di lokasi yang akan dibangun proyek dapat diketahui dengan melakukan penelitian. Penelitian bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan konsultan property.
- Memperkirakan Permintaan Perumahan di Masa yang Akan Datang (Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Proyek Properti)
Perkiraan terhadap permintaan pasar di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan melihat dan mempelajari kondisi permintaan pasar hari ini. Khusus di bidang property kondisi makro ekonomi sangat mempegaruhi pasar, jika kondisi makro ekonomi baik maka akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.
- Penelitian Pasar (Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Proyek Properti)
Penelitian formal dilakukan dengan mencari data-data penjualan produk sejenis sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Data-data tersebut bisa diperoleh dari laporan perusahaan sejenis, laporan pemerintah, asosiasi seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) dan sumber lainnya.
Penelitian aspek pasar juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik permintaan pasar saat ini. Karakteristik pasar meliputi pangsa pasar, besarnya permintaan riil saat ini terhadap produk yang akan disediakan.
- Perencanaan Strategi Pemasaran (Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Proyek Properti)
Strategi pemasaran yang dirancang harus meliputi semua faktor yang berhubungan dengan produk, seperti kondisi pasar pada saat ini, analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treaty) atau analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, strategi promosi, strategi perolehan laba dan pengendalian.
Strategi pemasaran diperlukan untuk mengetahui cara yang paling cocok untuk memasarkan produk kita. Strategi pemasaran yang tepat menjamin kesuksesan proyek sesuai dengan timeline proyek yang sudah disusun.
Ini pada dasarnya tergantung pada segmentasi pasar yang dituju. Produk yang dirancang untuk kalangan orang-orang kaya seharusnya berbeda cara pemasarannya dengan produk yang dirancang untuk kalangan menengah ke bawah.
Secara singkat dapat dibuat bahwa penelitian mengenai aspek pasar menyangkut hal-hal sebagai berikut:
- Pasar potensial
- Segmentasi pasar
- Analisa pesaing
Kami dari Easy Property menyediakan sistem untuk membantu developer & agen-agennya dengan banyak fitur sistem seperti: akses ke Availability Unit, penagihan dengan email blast dan sms blast kepada konsumen secara otomatis, data penjualan masing-masing marketing, dan perhitungan komisi marketing yang belum terbayarkan.
Kami juga menyediakan Marketing tools berupa Mobile Apps yang juga bisa diakses melalui website sehingga membantu marketing untuk mendapatkan informasi lebih cepat, akurat dan membantu penjualan properti anda.
Sumber: http://asriman.com/pentingnya-aspek-pasar-dalam-penyusunan-studi-kelayakan-proyek-property/