Apartemen Atau Rumah? Lebih Untung Beli yang mana?

Apartemen Atau Rumah

Apartemen Atau Rumah?

Apartemen Atau Rumah?easyproperty.co.id – Gaya hidup di kota besar kini menuntut tempat tinggal yang praktis, khususnya menuju ke tempat kerja. Untuk mendapatkan rumah di sekitar kantor, rasanya sudah tidak memungkinkan dengan pendapatan yang kenaikannya tak sebanding dengan lonjakan harga rumah.

Setiap iklan apartemen selalu ditampilkan menggunakan bahasa yang memukau. Pebisnis properti menyadari bahwa satu-satunya pertimbangan orang ragu memilih apartemen adalah properti jenis ini menggunakan sertifikat strata title atau kepemilikan lahan bersama.

Hal tersebut bukan berarti apartemen menjadi properti yang sepi peminat. Iklan dan promosi yang gencar dilakukan pengembang properti. Ditambah dengan fakta bahwa tiap tahun harga properti cenderung naik. Pada akhirnya, menyadarkan banyak orang untuk segera memiliki properti.

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memilih Apartemen atau Rumah

Sebelum memilih jenis hunian yang ingin dibeli, ada baiknya anda juga mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Pahami Status Hak Milik Rumah dan Apartemen (apartemen atau rumah)

Apartemen Atau Rumah

Status hak milik rumah dan apartemen perlu diketahui lebih dulu oleh calon pembeli. Membeli rumah tapak sama artinya dengan memiliki rumah dan tanahnya sekaligus. Sementara membeli apartemen, anda hanya memiliki ruangan di dalamnya.

Paling tidak anda juga bisa menikmati fasilitas yang disediakan untuk digunakan secara bersama-sama dengan penghuni lain. Istilahnya adalah kepemilikan bersama (strata title).

  • Pertimbangkan Proses dan Biaya Pemeliharaan (apartemen atau rumah)

Apartemen Atau Rumah

Membeli rumah berarti anda bertanggung jawab untuk semua perawatannya. Ini tentu ada kaitannya dengan biaya perawatan. Sementara dalam membeli apartemen, pengelolalah yang bertanggung jawab untuk pemeliharaannya. Besarnya biaya yang dikeluarkan tergantung pada kebijakan pengelola apartemen tersebut.

  • Fitur Komunitas Apartemen Lebih Tertata dengan Rapi (apartemen atau rumah)

Apartemen Atau Rumah

Membeli dan tinggal di apartemen memiliki kelebihan seperti fitur komunitas. Fitur yang dimaksud di sini misalnya: lapangan tenis, kolam renang, atau fasilitas berbasis masyarakat lainnya yang menjadi lebih mudah digunakan dan dipelihara.

Sementara jika membeli rumah tradisional, fitur tersebut akan mengeluarkan biaya yang mahal karena dari pembangunan hingga pemeliharaan ditanggung sendiri.

Pertimbangan antara Apartemen & Rumah

Jika anda masih bingung menentukan apakah akan membeli apartemen atau rumah, coba perhatikan keuntungan membeli rumah dan apartemen berikut ini. Pilih mana yang lebih mendominasi keinginan anda. Jika sudah, anda bisa memutuskan untuk membeli hunian yang tepat sesuai kebutuhan dan harapan tentunya.

Keuntungan Memiliki Apartemen

  1. Lokasi lebih mudah dijangkau karena strategis dan dekat perkantoran.
  2. Fasilitas lebih komplit dan mewah.
  3. Alasan “praktis” sering kali menjadi tujuan utama membeli apartemen.
  4. Memiliki apartemen meningkatkan ‘martabat’ bagi pemiliknya.

Keuntungan Memiliki Rumah

  1. Membeli rumah artinya membeli lahan juga.
  2. Keunggulan rumah adalah mudah dijual kembali.
  3. Pemilik rumah merasa lebih aman karena memiliki dua legalitas

Pertimbangkan Sebelum Menjatuhkan Pilihan

Dengan membandingkan beberapa sisi positif dan negatif hunian dalam bentuk rumah dan apartemen di atas, anda akan lebih bijak lagi memilih hunian yang akan dibeli. Sebab memiliki rumah atau apartemen merupakan tujuan jangka panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, pertimbangkan dengan matang sebelum akhirnya anda menjatuhkan pilihan.

Sumber: https://www.cermati.com/artikel/lebih-baik-membeli-apartemen-atau-rumah-ini-jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *