8 Kiat Developer Pilih Kontraktor

8 Kiat Developer Pilih Kontraktor

8 Kiat Developer Pilih Kontraktor | easyproperty.co.id – Dalam mengembangkan proyek, pengembang properti umumnya menggandeng kontraktor untuk melakukan pekerjaan secara teknis dan fisik bangunan.

Untuk memudahkan proses pengerjaan, kewajiban pengembang adalah menyerahkan detail spesifikasi serta tenggat waktu yang diinginkan, kemudian pihak kontraktor mengajukan harga untuk memenuhi semua tugas tersebut.

Jika harga disepakati, kerja sama pun terjadi. Pengembang tinggal mengawasi perkembangannya. Akan tetapi, sebelum mempercayakan pengerjaan proyek pada satu perusahaan kontraktor, ada beberapa kriteria yang perlu pengembang perhatikan.

  • Pengalaman

Pilih kontraktor berpengalaman, terutama pekerjaan yang sejenis dengan yang akan dikerjakan. Cek hasilnya dengan melakukan kunjungan ke proyek yang telah dilaksanakan. Pastikan bahwa kontraktor tersebut benar-benar melakukan seluruh pekerjan tersebut, bukan sekedar sub-pekerjaan tertentu.

  • Reputasi

Kedua yang tak kalah penting adalah mengecek bonafiditas kontraktor tersebut. Termasuk seberapa besar pekerjaan yang pernah dilaksanakan, bagaimana ketepatan dengan rencana baik mutu, biaya maupun waktu.

Pastikan kontraktor tidak punya permasalahan dengan izin, lingkungan maupun hukum, baik perusahaan maupun personel di dalamnya. Cek juga klien-klien yang pernah memakai jasa mereka.

 

  • Kekuatan Finansial

Modal awal diperlukan terutama untuk memulai pekerjaan. Kontraktor tidak boleh hanya mengandalkan dana dari owner. Sehingga harus dilihat dari laporan keuangan yang baik.

  • Pengetahuan Atas Pekerjaan

Untuk kriteria ini bisa dilihat pada waktu proses tender. Seberapa aktif tim kontraktor berkomunikasi mengenai pekerjaan dengan owner, bagaimana dokumen penawaran memuat detail-detail penawaran.

  • Harga Kompetitif

Harga yang ditawarkan harus harga yang wajar, tidak terlalu mahal atau terlalu murah tetapi yang paling kompetitif diantara yang lain. Harga yang ditawarkan juga harus jelas dan tidak terdapat hal-hal tersembunyi, yang berpotensi akan dituntut untuk dibayarkan di kemudian hari.

 

  • Manajemen & Administrasi

Kerapian administrasi dan legal dapat dilihat dari laporan-laporan yang dibuat pada proyek yang lain maupun dokumen tender. Personel yang ditunjuk harus punya pengalaman yang cukup, dapat dilihat melalui CV maupun informasi dari pihak lain.

  • Perhatian Terhadap K3

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pun menjadi komponen penting dalam proyek yang berpengaruh terhadap target yang dicapai dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Rencana K3 dapat dilihat dari dokumen yang diberikan maupun pengalaman pada pekerjaan sebelumnya.

  • Keseriusan

Terakhir yang juga penting adalah keseriusan kontraktor terhadap proyek. Hal ini dapat dilihat dari akurasi waktu, dokumen-dokumen, tim tender dan calon tim lapangan, maupun komunikasi terutama dari top manajemen perusahaan.

Kami dari Easy Property menyediakan sistem untuk membantu developer & agen-agennya  dengan banyak fitur sistem seperti: akses ke Availability Unit, penagihan dengan email blast dan sms blast kepada konsumen secara otomatis, data penjualan masing-masing marketing, dan perhitungan komisi marketing yang belum terbayarkan.

Kami juga menyediakan Marketing tools berupa Mobile Apps yang juga bisa diakses melalui website sehingga membantu marketing untuk mendapatkan informasi lebih cepat, akurat dan membantu penjualan properti anda.

Sumber: https://www.rumah.com/berita-properti/2018/11/176628/8-kiat-developer-pilih-kontraktor/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *